Ticker

6/recent/ticker-posts

Festival Karawitan Se Kabupaten Wonogiri Tahun 2014

Festival Karawitan Se Kabupaten Wonogiri Tahun 2014
Festival Karawitan Se Kabupaten Wonogiri Tahun 2014
uwong JAWA - Karawitan - Festival Karawitan Se-Kabupaten Wonogiri Tahun 2014 kembali digelar. Festival Karawitan kategori umum dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri Kamis, 20 November 2014 diikuti sebanyak 18 grup karawitan dari berbagai kecamatan.

Menurut informasi mbak Bathari Ayu sebagai pihak penyelenggara (Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga), peserta sebelumnya sejumlah 20 pendaftar, namun hingga hari pelaksanaan ternyata ada 2 peserta yang mengundurkan diri dengan alasan belum siap. Dua peserta yang mengundurkan diri adalah Grup Karawitan SMPN 1 SELOGIRI dan Grup Karawitan SMK PANCASILA 5 WONOGIRI.

Festival Karawitan 2014 dibuka secara resmi oleh bapak Hariyadi, SH, MM (Setda Kab Wonogiri) pada pukul 09:30 WIB mewakili bapak Bupati Wonogiri H. Danar Rahmanto yang berhalangan hadir dikarenakan menerima tamu dalam rangka konsulidasi rencana kunjungan Presiden RI bapak Joko Widodo (Jokowi) yang diagendakan akan berkunjung ke Wonogiri pada tanggal 28 November 2014 mendatang.
Pemenang Festival Karawitan Kabupaten Wonogiri Tahun 2014
Pemenang Festival Karawitan Kabupaten Wonogiri Tahun 2014

Festival Karawitan kali ini menghadirkan tim yuri terdiri dari tiga personil, yaitu Juri I dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, bapak Darno, S.Sn., M.Sn., Juri II adalah bapak Davis Sugiyanto, S.Sn., M.Hum. (ISI) Surakarta, dan Juri III adalah bapak Untoro, S.Sn. (RRI Surakarta). Ketiga yuri menilai seluruh peserta dengan transparan mulai Festival berlangsung dari pukul 09:45 WIB hingga pukul 15:30 WIB.

Pemenang Festival Karawitan Wonogiri Tahun 2014

Setelah semua grup karawitan tampil, dewan yuri melakukan sidang penilaian yang meliputi: menyajikan minimal tiga bentuk gendhing, tehnik tabuhan, proses sajian, rangkaian gendhing, penguasaan materi, ragam laras, materi garap, dan kreatifitas, akhirnya memutuskan Pemenang 6 Penyaji Terbaik Festival Karawitan Se-Kabupaten Wonogiri Tahun 2014 adalah sebagai berikut:
1. Nomor undi 10, Grup Karawitan Bagaskara Kusuma Laras (Ngadirojo) dengan nilai 249
2. Nomor undi 11, Grup Karawitan Dono Laras (Sidoharjo) dengan nilai 234
3. Nomor undi 7, Grup Karawitan Pasopati (Girimarto) dengan nilai 231
4. Nomor undi 16, Grup Karawitan Sanggar Budaya Jati (Ngadirojo) dengan nilai 225
5. Nomor undi 9, Grup Karawitan SMPN 2 GIRIMARTO (Girimarto) dengan nilai 220
6. Nomor undi 6, Grup Karawitan Sanggar Guna Parna Wibawa (Sidoharjo) dengan nilai 216

Post a Comment

0 Comments